Selasa, 01 Mei 2012

Pendidikan

Program Bahasa Arab dan Studi Islam adalah salah satu program yang dirancang untuk menghasilkan akademisi dan praktisi dakwah yang memiliki kapasitas keilmuan dan keislaman, ahli dalam menggali serta mengembangkan nilai-nilai khasanah keislaman, terampil menerjemahkan dan berkomunikasi dalam Bahasa Arab. Disamping itu, program ini juga bertujuan untuk mencetak para da'i/mubaligh  yang berkompeten menyebarkan bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman serta mampu menjawab masalah-masalah keagamaan di tengah-tengah masyarakat yang semakin luas dan kompleks.

Untuk mencapai tujuan tersebut Ma'had Abu Bakar As-Shiddiq UMS menerapkan beberapa keunggulan pada program Bahasa Arab & Studi Islam, yaitu;
  1. Menciptakan sebuah lingkungan pendidikan yang tepat dan kondusif untuk para mahasiswa guna percepatan penguasaan bahasa Arab dan ilmu keislaman dengan menyediakan sarana pendudkung seperti perpustakaan, asrama mahasiswa, dan Laboratorium Audiovisual.
  2. Menyelenggarakan model pendidikan yang unggul dan berkualitas sehingga dapat dimengerti dan diikuti oleh program studi serupa yang lain di Indonesia.
  3. Mengkondisikan mahasiswa dalam suasana belajar yang dapat melahirkan ulama' yang mampu memecahkan masalah-masalah keagamaan secara tepat sesuai dengan perkembangan zaman.

Ma'had Abu bakar As-Shiddiq UMS mengadopsi kurikulum LIPIA Jakarta. Masa studi normal Program Persiapan Bahasa Arab dan Studi Islam (I'dad Lughawy) adalah 4 semester plus kelas persiapan (tamhidy) 1 semester. Placement test diselenggarakan bagi mahasiswa baru untuk mengukur level kemampuan bahasa Arab dan pengetahuan dasar keislaman serta menempatkannya pada semester/level yang sesuai dengan kemampuannya.

Waktu Belajar :
Putra 
Pagi : jam 07:30 - 12:00
Sore: jam 13:30 - 18:00

Putri :
Pagi : 08:00 - 13:00

6 komentar:

Agus Dwiyanto mengatakan...

syukron atas profitnya

Teruntuk Bidadariqu Shine White mengatakan...

Assalamu'alaikum. Apakah alumni Maba yg berprestasi akan mendapat beasiswa Timur tengah, sebagaimana di ma'had Umar bin Khotob Surabaya ?
Jazakumulloh

Ma'had Abu Bakar As Shiddiq Surakarta mengatakan...

iya, semua mahad AMCF termasuk Mabasolo punya kesempatan mengirimkan mahasiswa berprestasi untuk mendaftar beasiswa timur tengah

http://maba-solo.blogspot.com/2012/05/beasiswa-ke-madinah-dan-qosim.html

wahyoe mengatakan...

Assalamu'alaikum,
Apa semua lulusan MABA bisa dapat BEASISWA ke sekolah timur tengah ,walaupun Prestasi pada saat sekolah di MABA biasa-biasa saja ?

wahyoe mengatakan...

Assalamu'alaikum,
Mau tanya,Apakah semua mahasiswa maba berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke universitas islam luar negeri,walaupum prestasi pada saat sekolah di maba biasa-biasa saja ?dimohon jawabannya,
atas perhatiannya sya mengucapkan terimakasih.

Ma'had Abu Bakar As Shiddiq Surakarta mengatakan...

@wahyoe:
Tidak
Yang punya kesempatan beasiswa Luar Negeri hanya mahasiswa yang berprestasi (Nilai kelulusannya Mumtaz)